KILAS BALIK POTASIUM (PEKAN ORIENTASI UMUM) 2018 SEKOLAH TINGGI FARMASI INDONESIA

Pekan Orientasi Umum atau yang kita kenal dengan nama POTASIUM telah dilakukan. Pada tanggal 29 Agustus 2018 dilakukan terlebih dahulu kegiatan Pra-POTASIUM. Dan kegiatan POTASIUM dilaksanakan selama 3 hari berturut turut yaitu dari tanggal 30 Agustus – 1 September 2018 bertempat di Kampus Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia (STFI).

Kegiatan yang dilakukan pada Pra-POTASIUM yaitu pemberitahuan mengenai tugas dan tata tertib yang harus Mahasiswa Baru patuhi selama acara POTASIUM nanti berlangsung.

 

Gambar 1.1 Pra-POTASIUM

Hari pertama POTASIUM diisi dengan serangkaian acara menarik yang berbeda dari kegiatan OSPEK pada umumnya. Pada pagi hari diawali dengan penampilan Tari Tradisional oleh Asisten Akademik (Nisrina), PSM, komunitas tari dan penampilan lainnya. Pada siang hari dilakukan perlombaan yang melibatkan UKM, Lembaga, Komunitas dan seluruh civitas akademik STFI.

Gambar 1.2 Lomba Cari Kata SEMAFI

Gambar 1.3 Lomba dari Komunitas Tari

Hari kedua POTASIUM, diadakan lomba “Report Of Pharmacy”. Perlombaan ini dilakukan secara berkelompok dengan sistem perlombaan seperti OSCE. Tujuan dari kegiatan ini, mahasiswa baru dapat mengenali perpustakaan STFI dan sebagai modal awal untuk gambaran bagaimana mahasiswa farmasi yang sebenarnya.

Gambar 1.4 Pengelana Laboratorium Teknologi Farmasi

Gambar 1.5 Pengenalan Laboratorium Farmakologi

Pada siang hari, mahasiswa muslim putri melalu kegiatan kemahasiswaan yang dibantu oleh LDK Ibnu Sina dan mahasiswa muslim putra melakukan kegiatan jum’atan. Sedangkan, untuk mahasiswa non-muslim melaksanakan kegiatan bersama dengan PMKK. Setelah Ishoma terdapat acara pengenalan lab. Dalam pengenalan lab ini, berbeda dari tahun sebelumnya, karena untuk sekarang tiap kelompok harus memilih satu kocokan yang di dalamnya terdapat soal yang harus mereka jawab. Wah, seru sekali ya.

Gambar 1.6 Kemahasiswaan oleh LDK Ibnu Sina

Hari ketiga POTASIUM, ini adalah hari yang paling ditunggu-tunggu.Hari ketiga ini diawali dengan adanya debat diskusi mengenai masalah kefarmasian yang sedang viral di masyarakat sekarng ini. Dilanjutkan dengan pengenalan wawasan nusantara yang dikemas menajadi sebuah kuis menarik seperti “Ranking 1”. Hari terakhir ini ditutup dengan Pensi dari semua kelompok, persiapan yang matang dari setiap kelompok membuat acara pensi menjadi semakin meriah. Selain penampilan Mahasiswa Baru, terdapat penampilan dari dosen dan panitia.

Gambar 1.7 PENSI

Berdasarkan hasil survey kuesioner, dari total 87 orang peserta POTASIUM yang hadir dan mengisi survey, 97% menyatakan bahwa rangkaian acara ini menyenangkan dan tidak membosankan. Harapan kami, mahasiswa baru STFI 2018 tetap semangat dan ambil sisi positif dari rangkaian acara yang sudah dilewati dan menerapkannya di dunia perkuliahan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *